Bagaimana Cara Mengolah dan Menganalisa Data dari Excel Dengan Cepat Menggunakan Pivot Table

Apabila kita mempunyai suatu data yang berformat file excel dan kita menginginkan untuk cepat mengolah data tersebut sehingga memudahkan pekerjaan kita maka salah satu caranya selain menggunakan formula/rumus yaitu menggunakan fungsi pivot table. Bagaimana caranya menggunakan fungsi pivot table tersebut, ok di tulisan ini akan coba gue jelasin.
Untuk membuat pivot table yang kita inginkan agar dapat mempermudah kita maka ada beberapa tahap yang harus di lakukan, tahapan - tahapannya adalah :

1. Buka file excel yang berisi data - data yang akan kamu olah atau analisa.
2. Klik menu insert pada toolbar yang di beri tanda panah A pada gambar sehingga muncul menu fungsi pivot seperti yang di tunjuk oleh tanda panah B. Lihat pada gambar di bawah ini !!

Mengolah dan Menganalisa Data dari Excel

3. Setelah tahap kedua di lakukan dengan benar maka akan muncul menu baru yang meminta kita untuk menentukan range data ( area data ) yang akan kita gunakan sebagai dasar pengambilan pivot tersebut untuk mengolah data. Jika dalam satu sheet hanya ada satu tabel saja yang akan kita gunakan sebagai referensi datanya maka agar mempermudah kita sebaiknya letakan kursor pada area paling pojok kanan tabel ( sisi paling pojok kanan setelah tabel data ), Hal ini di maksudkan agar saat kita klik fungsi pivot maka pivot akan otomatis mengambil area tabel data tersebut sehingga kita tidak perlu lagi menentukan area tersebut secara manual. Perhatikan gambar di bawah ini !

Jika contoh di atas kita lakukan maka pivot akan otomatis mensource data berdasarkan kolom tabel yang ada di sisi kirinya, berikut contoh gambarnya di bawah ini !
4. Tahap selanjutnya jika kamu memilih pada area yang di tunjuk tanda panah B adalah new worksheet maka pivot yang kita buat akan di tempatkan pada worksheet yang baru.
Di tahap inilah tahap akhir kita untuk menggunakan pivot agar sesuai dengan kebutuhan kita. Pada area pojok kanan excel kamu ada menu pivot table field list ( tanda panah A ) di area ini kamu di minta untuk menentukan kategori yang akan kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaan kamu, berikan tanda pada kolom check list di samping judul masing - masing kategori yang sudah di sediakan. Maksud dari pemberian tanda ini agar kategori itu lah yang nantinya akan di gunakan dalam tabel pivot yang baru dan dapat di olah berdasarkan kebutuhan kita. Setelah tabel pivotnya jadi seperti yang kamu inginkan kan maka agar terlihat lebih cantik maka ubah lah tampilan pivot tersebut dengan klik menu design pada toolbar lalu pilih warna yang sesuai dengan selera kamu..........Bagaimana mudahkan ? Nah silahkan mencoba dan selamat bekerja............
    Share this article :
     

    Posting Komentar

    Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

    Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

     
    Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA | Download| Daftar Isi
    Copyright © 2010. iyanzone - All Rights Reserved
    Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
    Proudly powered by Blogger